Cara Submit Sitemap Blog Ke Google

Dalam dunia web maupun blog mensubmitkan Sitemap sangatlah penting, karena bertujuan untuk memberikan informasi artikel yang baru kita buat ibaratnya mah ping otomatis untuk mempercepat penginedexan blog kita. Sitemap sendiri adalah 'peta situs' suatu url blog dalam bentuk XML yang di dalamnya berisi url-url yang menginformasikan halaman mana saja yang ingin di index oleh Mesin Pencari.

Yang akan kita lakukan kali ini cara untuk submit sitemap ke Google search engine. Langsung sajalah tak usah berlama-lama lagi ikuti panduan di bawah ini untuk submitkan sitemap mu.

1. Sama seperti cara yang lalu saya bahas yaitu submit blog kita ke google, untuk submit sitemappun kita menggunakan tools Google Webmaster>. Silahkan langsung masuk ke alat webmasters ini disini.

2. Pastikan blog mu sudah di daftarkan di google webmaster kalau belum silahkan baca artikel saya sebelumnya. Lalu setelah masuk di beranda webmaster pilih blog yang ingin kamu submit sitemapnya.

3. Lanjut pilih menu "Peta Situs" yang berada pada bagian sidebar kiri, pilih lagi "Tambahkan/Uji Peta Situs" yang berwarna merah, lalu tambahkan url sitemapnya anda bisa menggunakan dua url tambahan di bawah ini.
  • sitemap.xml (untuk yang masih menggunakan domain bawaan blogspot).
  • feeds/posts/default?orderby=updated (untuk yang memakai custom domain dan blogspot juga bisa).


Panduan Sitemap


4. Klik "Mengirim Peta Situs".

5. "Done" sekarang sitemap sudah dikirim dan tunggu beberapa hari untuk memaksimalkan pengindexan karena para robots sedang mengcrawl situsmu!

Oke selamat di coba cara submit sitemap ini, semoga dapat bermanfaat sekian dulu dan terima kasih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Google Webmaster / Tutorial Blog dengan judul Cara Submit Sitemap Blog Ke Google. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bangmarkus.blogspot.com/2014/04/cara-submit-sitemap-blog-ke-google.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Irfan Markus - Senin, 28 April 2014

2 komentar untuk "Cara Submit Sitemap Blog Ke Google"